Modul PMR
|
Bidang Studi
|
:
|
Kepalang merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Wira (SMA/Sederajat)
|
Bahasan
|
|
Organisasi Palang Merah Indonesia
|
Sub Bahasan
|
:
|
Sejarah terbentuknya
organisasi PMI dan kegiatannya.
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A.
Tujuan pembelajaran:
1.
Menjelaskan lingkup dan jaringan organisasi
2.
Menjelaskan peran dan mandat Palang Merah Indonesia
3.
Menyebutkan karakteristik Palang Merah Indonesia
B.
Media
1.
Transparansi OHP
2.
Film Profil dan kegiatan PMI
3.
Poster
C.
Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Pemutaran Film Profil PMI
4.
Kunjungan ke Markas PMI /Unit layanan PMI.
D.
Proses Pelaksanaan
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2.
Melakukan tanya jawab awal (pretest)
jika diperlukan untuk mengetahuan kemampuan awal peserta ajar.
Pelatih menyampaikan materi
dengan metode yang sesuai.
1.
Pelatih menyampaikan materi sejarah Palang Merah Indonesia, diantaranya:
a.
Sejarah pada mulanya mengapa PMI berdiri
b.
Kapan berdirinya PMI
c.
Siapa tokoh pendiri PMI
2.
Pelatih Organisasi Palang Merah Indonesia, diantaranya :
a.
Peran, mandat dan Tugas Pokok PMI
b.
Struktur Jaringan Kerja
c.
Keanggotaan PMI
3.
Pelatih memutar film profil PMI
4.
Pelatih meminta peserta untuk menceritakan kembali isi dari film tersebut.
5.
Pelatih memberikan penjelasan mengenai kegiatan dan pelayanan khas PMI,
diantaranya :
a.
Program penanganan bencana
b.
Pencarian dan penyampaian berita keluarga (TMS)
c.
Pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat
d.
Usaha kesehatan transfusi darah
e.
Pembinaan remaja dan relawan
f.
Diseminasi kepalangmerahan dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)
6.
Sebagai penutup pelatih menyampaikan intisari dari materi yang telah
disampaikan.
7.
Tanya Jawab
Catatan :
1.
Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut
beserta alat bantunya. Diantaranya VCD
Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head Projector untuk
presentasi menggunakan slide.
2.
Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster,
film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster
dan film.
E. Evaluasi
dan Pembahasan
1.
Menjelaskan kembali lingkup dan
jaringan organisasi
2.
Menjelaskan kembali peran dan mandat Palang Merah Indonesia
3.
Menyebutkan kembali karakteristik Palang Merah Indonesia
F.
Pustaka
1.
Panduan Diseminasi HPI, Bab V halaman 64 – 65 tentang perhimpunan nasional
2.
Buku Materi Pendidikan Wira, PMI 1991
3.
Leaflet Palang Merah Indonesia, 2005
4.
____
G. Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar