Jumat, 04 April 2014

Modul PMR Organisasi Palang Merah Indonesia tingkat Wira




Modul PMR

Bidang Studi   
:
Kepalang merahan
Jenjang
:
Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat           
:
Wira (SMA/Sederajat)
Bahasan

Organisasi Palang Merah Indonesia
Sub Bahasan
:
Sejarah terbentuknya organisasi PMI dan kegiatannya.
Waktu
:
2 x 45 menit

A.      Tujuan pembelajaran:
1.      Menjelaskan lingkup dan jaringan organisasi
2.      Menjelaskan peran dan mandat Palang Merah Indonesia
3.      Menyebutkan karakteristik Palang Merah Indonesia

B.      Media
1.      Transparansi OHP
2.      Film Profil dan kegiatan PMI
3.      Poster

C.      Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Pemutaran Film Profil PMI
4.      Kunjungan ke Markas PMI /Unit layanan PMI.

D.      Proses Pelaksanaan
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1.      Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2.       Melakukan tanya jawab awal (pretest) jika diperlukan untuk mengetahuan kemampuan awal peserta ajar.

Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1.       Pelatih menyampaikan materi sejarah Palang Merah Indonesia, diantaranya:
a.       Sejarah pada mulanya mengapa PMI berdiri
b.       Kapan berdirinya PMI
c.       Siapa tokoh pendiri PMI
2.       Pelatih Organisasi Palang Merah Indonesia, diantaranya :
a.       Peran, mandat dan Tugas Pokok PMI
b.       Struktur Jaringan Kerja
c.       Keanggotaan PMI
3.       Pelatih memutar film profil PMI  
4.       Pelatih meminta peserta untuk menceritakan kembali isi dari film tersebut.
5.       Pelatih memberikan penjelasan mengenai kegiatan dan pelayanan khas PMI, diantaranya :
a.       Program penanganan bencana
b.       Pencarian dan penyampaian berita keluarga (TMS)
c.       Pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat
d.       Usaha kesehatan transfusi darah
e.       Pembinaan remaja dan relawan
f.         Diseminasi kepalangmerahan dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)
6.       Sebagai penutup pelatih menyampaikan intisari dari materi yang telah disampaikan.
7.       Tanya Jawab

Catatan :
1.       Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut beserta alat bantunya.  Diantaranya VCD Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head Projector untuk presentasi menggunakan slide.
2.       Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster, film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster dan film.

E.      Evaluasi dan Pembahasan
1.       Menjelaskan kembali  lingkup dan jaringan organisasi
2.       Menjelaskan kembali peran dan mandat Palang Merah Indonesia
3.       Menyebutkan kembali karakteristik Palang Merah Indonesia

F.      Pustaka
1.       Panduan Diseminasi HPI, Bab V halaman 64 – 65 tentang perhimpunan nasional
2.       Buku Materi Pendidikan Wira, PMI 1991
3.       Leaflet Palang Merah Indonesia, 2005
4.       ____

G. Materi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar