Modul PMR
|
Bidang Studi
|
:
|
Kepalang merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Madya (SMP)
|
Bahasan
|
Palang Merah Remaja (PMR) Madya
|
|
Sub Bahasan
|
:
|
1.
Struktur PMR
2.
Tri Bhakti PMR
3.
Hak dan Kewajiban PMR Madya
4. Lingkup Kegiatan PMR Madya
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A.
Tujuan pembelajaran:
- Menjelaskan struktur PMR dalam PMI.
- Menjelaskan cakupan Tri Bhakti PMR dan penerapannya untuk PMR Madya.
- Menjelaskan peran, hak dan kewajiban PMR Madya.
B.
Media:
- Flipchart/board
- Poster
- Film tentang Youth Red Cross
C.
Metode:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemutaran film
- Kunjungan ke Markas PMI /Unit layanan PMI
Proses pelaksanaan:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai
materi yang akan disampaikan, misalnya ; ”anggota PMR (Youth Redcross) itu ada di seluruh dunia, maka sahabat kalian ada
dimana-mana, ada di Eropa, Amerika, Afrika, Asia, di seluruh dunia...”
2.
Melakukan tanya jawab awal (pretest) jika diperlukan untuk
mengetahuan kemampuan awal peserta ajar.
Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1.
Pelatih menyampaikan materi
organisasi PMR, diantaranya:
a.
Struktur organisasi PMI dan
menunjukan posisi PMR di dalam struktur tersebut.
b.
Siapa saja yang bisa menjadi
anggota PMR
2.
Pelatih menyampaikan materi
kegiatan khas sesuai Tribhakti PMR, diantaranya:
a.
Menyebutkan isi Tribhakti PMR
dan meminta peserta untuk menyebutkan kembali.
b.
Kegiatan khas PMR sesuai
Tribhakti PMR dengan memberikan contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Pelatih meminta kepada peserta
untuk menjelaskan kembali penerapan kegiatan khas PMR sesuai Tribhakti dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat tinggalnya.
4.
Pelatih membentuk kelompok
diskusi (3-4 orang perkelompok) dan memberikan tugas untuk membuat program
kerja atau kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh PMR sesuai Tri Bhakti
PMR.
5.
Pelatih memberikan penjelasan
mengenai betapa menarik dan berharganya menjadi anggota PMR.
6.
Tanya jawab
Catatan:
1.
Penggunaan media pembelajaran
disesuaikan ketersediaan media tersebut beserta alat bantunya. Diantaranya VCD Player dan televisi untuk pemutaran
film, serta Over Head
2.
Projector untuk presentasi
menggunakan transparansi.
3.
Pelatih bisa menggunakan
minimal salah satu media pembelajaran (poster, film, dan OHP), namun diharapkan
bisa menggunakan gabungan antara media poster dan film.
4.
Khusus untuk gambar struktur
organisasi PMI untuk menunjukan posisi PMR diharapkan dibuat oleh pelatih
sendiri karena disesuaikan dengan struktur organisasi PMI dan PMR setempat.
E. Evaluasi
dan Pembahasan
1.
Menjelaskan struktur PMR dalam
PMI.
2.
Menjelaskan cakupan Tri Bhakti
PMR dan penerapannya untuk PMR Madya.
3.
Menjelaskan peran, hak dan
kewajiban PMR Madya.
F.
Pustaka
1.
Panduan Diseminasi
Kepalangmerahan dan HPI, Bab V halaman 64 – 65 tentang perhimpunan nasional.
2.
Leaflet Relawan, PMI 2005
3.
_________
G. Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar