Modul PMR
|
Bidang Studi
|
:
|
Kepalang merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Madya (SMP)
|
Bahasan
|
|
Palang Merah Remaja (PMR) Madya
|
Sub Bahasan
|
:
|
1.
Struktur PMR
2.
Tri Bhakti PMR
3.
Hak dan Kewajiban PMR Madya
4.
Lingkup Kegiatan PMR Madya
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A.
Tujuan pembelajaran:
1.
Menjelaskan struktur PMR dalam PMI.
2.
Menjelaskan cakupan Tri Bhakti PMR dan penerapannya untuk PMR Madya.
3.
Menjelaskan peran, hak dan kewajiban PMR Madya.
B.
Media:
1.
Flipchart/board
2.
Poster
3.
Film tentang Youth Red Cross
C.
Metode:
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Pemutaran film
4.
Kunjungan ke Markas PMI /Unit
layanan PMI
Proses pelaksanaan:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan, misalnya ;
”anggota PMR (Youth Redcross) itu ada
di seluruh dunia, maka sahabat kalian ada dimana-mana, ada di Eropa, Amerika,
Afrika, Asia, di seluruh dunia...”
2.
Melakukan tanya jawab awal (pretest)
jika diperlukan untuk mengetahuan kemampuan awal peserta ajar.
Pelatih menyampaikan materi
dengan metode yang sesuai.
1.
Pelatih menyampaikan materi organisasi PMR, diantaranya:
a.
Struktur organisasi PMI dan menunjukan posisi PMR di dalam struktur
tersebut.
b.
Siapa saja yang bisa menjadi anggota PMR
2.
Pelatih menyampaikan materi kegiatan khas sesuai Tribhakti PMR,
diantaranya:
a.
Menyebutkan isi Tribhakti PMR dan meminta peserta untuk menyebutkan
kembali.
b.
Kegiatan khas PMR sesuai Tribhakti PMR dengan memberikan contoh penerapan
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Pelatih meminta kepada peserta untuk menjelaskan kembali penerapan kegiatan
khas PMR sesuai Tribhakti dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat
tinggalnya.
4.
Pelatih membentuk kelompok diskusi (3-4 orang perkelompok) dan memberikan
tugas untuk membuat program kerja atau kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh
PMR sesuai Tri Bhakti PMR.
5.
Pelatih memberikan penjelasan mengenai betapa menarik dan berharganya
menjadi anggota PMR.
6.
Tanya jawab
Catatan:
1.
Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut
beserta alat bantunya. Diantaranya VCD
Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head
2.
Projector untuk presentasi menggunakan transparansi.
3.
Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster,
film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster
dan film.
4.
Khusus untuk gambar struktur organisasi PMI untuk menunjukan posisi PMR
diharapkan dibuat oleh pelatih sendiri karena disesuaikan dengan struktur
organisasi PMI dan PMR setempat.
E. Evaluasi dan Pembahasan
1.
Menjelaskan struktur PMR dalam PMI.
2.
Menjelaskan cakupan Tri Bhakti PMR dan penerapannya untuk PMR Madya.
3.
Menjelaskan peran, hak dan kewajiban PMR Madya.
F. Pustaka
1.
Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI, Bab V halaman 64 – 65 tentang
perhimpunan nasional.
2.
Leaflet Relawan, PMI 2005
3.
_________
G. Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar