Senin, 21 April 2014

Modul Perawatan Keluarga Untuk PMR Madya



MODUL PERAWATAN KELUARGA UNTUK PMR MADYA

TOPIK. I
Dasar – dasar  Perawatan Keluarga.

Sub topik.
1.       Penjelasan  Tentang Perawatan Keluarga. ( PK )
2.       Perlunya melakukan PK.
3.       Sikap , perilaku dan prinsip kerja pelaku PK
4.       Peralatan yang diperlukan untuk melakukan PK.
5.       Kegunaan masing – masing peralatan PK.
Tujuan pembelajaran. :
  1. PMR Madya  dapat mengetahui  pengertian dari Perawatan Keluarga.(PK)
  2. PMR Madya dapat memahami dasar-dasar dalam melakukan PK
  3. PMR Madya  dapat Menjelaskan  sikap dan perilaku seorang pelaku PK.
  4. PMR Madya  dapat menyebutkan , memahami serta dapat menggunakan  beberapa macam peralatan PK yang diperlukan untuk melakukan Perawatan Keluarga.

W a k t u :
2 x 45  menit

Media   :
1.       Flipchart
2.       Slide
3.       OHP / LCD
4.       Spidol
5.       Alat peraga Perawatan Keluarga.

Metode :
  1. Ceramah.
  2. Tanya jawab.
  3. Praktek / simulasi.

Referensi   :
  1. Buku Pedoman Perawatan  PMI
  2. Referensi lain yang terkait.

Proses Pelaksanaan ( PBM )   :
  1. Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
  2. Siswa  dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
  3. Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.

  1. Pelatih mengenalkan dan menyebutkan alat-alat PK sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan alat-alat PK.
  2. Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
  3. Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan.



TOPIK. II
      Kesehatan Dasar di Keluarga.

Sub topik.
Penjelasan  Dasar - Dasar Kesehatan di Keluarga tentang :
1.       Kebersihan diri.
2.       Kebersihan Lingkungan.
3.       Penyediaan air bersih, mandi , cuci dan  kakus ( MCK )
4.       Air Limbah
5.       PSN
6.       Makanan sehat dan seimbang
7.       Gizi dan ASI
8.       Imunisasi.

Tujuan pembelajaran. :

1.       PMR Madya dapat mengetahui dan memahami pentingnya menjaga Kebersihan dan kesehatan diri.
2.       PMR Madya  dapat Menjelaskan  tentang kebersihan lingkungan.
3.       PMR Madya  dapat menjelaskan tentang penyediaan air bersih , mandi , cuci dan kakus ( MCK ),  serta sumbernya.dan akibat dari air limbah.
4.       Memahami macam Immunisasi dan jadwal pemberiannya.
5.       PMR Madya   dapat menjelaskan dan melaksanakan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) dan akibat yang disebabkan apabila tidak melakukan PSN.
6.       PMR Madya  dapat mengetahui dan menjelaskan tentang  jenis / paduan makanan sehat dan seimbang bagi tubuh manusia
7.       PMR Madya mengetahui dan menjelaskan pentingnya memperhatikan makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuh dan ASI bagi tumbuh kembang seorang bayi.
8.       PMR Madya  dapat mengetahui dan memahami tentang pemberian Imunisasi dan akibat penyakit yang timbul apabila tidak diimunisai.

W a k t u :
2 x 45  menit

Media   :
1.       Flipchart
2.       Slide
3.       OHP / LCD
4.       Whuteboard
5.       Spidol
6.       Brosur / Poster  terkait


Metode :

  1. Ceramah.
  2. Tanya jawab.
  3. Praktek / simulasi.
  4. Kunjungan ke Posyandu

Referensi   :

  1. Buku Pedoman Perawatan  PMI
  2. Referensi lain yang terkait.


Proses Pelaksanaan ( PBM )   :
  1. Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
  2. Siswa  dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
  3. Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
  4. Pelatih mengenalkan dan menyebutkan sarana kesehatan di keluarga sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan kembali.
  5. Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
  6. Pelatih mengajak praktek / simulasi peserta didik ke Posyandu dan bersama-sama melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. dengan “ 3 M “
  7. Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan



MODUL PERAWATAN KELUARGA UNTUK PMR MADYA


TOPIK. III
Gejala Penyakit.

Sub topik.
  1. Gejala Diare
  2. Diare dan Dehidrasi
  3. Demam
  4. ISPA , Pnemonia , TB
  5. Malaria dan PSN
  6. DBD  ( Demam Berdarah Dengue )
  7. Gizi buruk , GAKI , KVA
  8. Rabies
  9. Immunisasi

Tujuan pembelajaran. :
  1. PMR Madya  dapat memahami dan menandai beberapa gejala penyakit Diare, Demam dan DBD secara sederhana dan penyebabnya .
  2. PMR Madya dapat mengenal dan menandai beberapa gejala penyakit ISPA dan TB
  3. PMR Madya dapat melakukan menolong memberi kompres sesuai kebutuhan.
  4. PMR Madya dapat melakukan pencegahan dini terhadap DBD seperti Gerakan PSN / “3M “
  5. PMR Madya dapat menjelaskan  jenis / paduan makanan sehat dan seimbang  bagi tubuh manusia.
  6. PMR Madya dapat memahami tentang Gizi buruk serta dapat menjelaskan pentingnya memperhatikan makanan bergizi umtuk kesehatan tubuh dan ASI bagi tumbuh kembang seorang bayi.
  7. PMR Madya dapat memahami tentang penyakit anjing Gila dan pertolongannya.
  8. PMR Madya dapat mengetahui dan memahami tentang pemberian Immunisasi dan jadwal pemberiannya serta akibat penyakit yang ditimbulkan .
  9. Melakukan pencehagan dan pertolongan serta malakukan deteksi dini .

W a k t u :
2 x 45  menit

Media   :
  1. Flipchart
  2. Slide
  3. OHP / LCD
  4. Spidol
  5. Alat peraga Perawatan Keluarga.


Metode :
  1. Ceramah.
  2. Tanya jawab.
  3. Praktek / simulasi.


Referensi   :
  1. Buku Pedoman Perawatan  PMI
  2. Referensi lain yang terkait.

Proses Pelaksanaan ( PBM )   :
  1. Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
  2. Siswa  dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
  3. Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
  4. Pelatih menjelaskan tanda dan gejala Penyakit dan deteksi  dini penyakit .
  5. Pelatih mengenalkan dan menyebutkan alat-alat Kompres sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkannya.
  6. Pelatih mengajak peserta didik praktek lapangan dengan melakukan Gerakan PSN  /  3 M
  7. Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
  8. Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan.


TOPIK.  IV
      Perawatan Orang Sakit di rumah    

Sub topik.

1.       Pelaksanaan Persiapan Merawat Orang Sakit di rumah.
·         Memcuci tangan dan memakai Celemek
·         Mengenal jenis-jenis desinfektan / Pensucihama
·         Mensuci hamakan  alat-alat  Perawatan Keluarga.
·         Penataan Tempat Tidur Orang Sakit

2.       Pengamatan pada Orang Sakit
·         Mengukur suhu tubuh , menghitung nadi dan pernafasan .
·         Membuat buku daftar catatan harian penderita / pasien.
3.       Pelaksanaan Merawatan Orang  sakit :
·         Menolong Penderita menyikat Gigi dan memelihara Gigi palsu
·         Memberikan macam-macam kompres.
·         Menyajikan Makanan pada orang  sakit
·         Mengenal  macam – macam  Obat sederhana
·         Menyeka / memandikan orang sakit diatas tempat tidur
·         Mencuci rambut Penderita diatas tempat tidur.
·         Mencegah Lecet  , mengubah posisi ( Mobilisasi ) dan memberi perasaan nyaman pada penderita.
·         Menolong BAB / BAK penderita diatas tempat tidur

Tujuan pembelajaran. :

1)       Pelaksanaan Persiapan Merawat Orasng Sakit di rumah  :
a)       PMR Madya  dapat menjelaskan  tujuan  mencuci tangan  dan memakai celemek didalam merawat Orang sakit
b)       PMR Madya dapat menjelaskan peralatan yang diperlukan untuk mencuci tangan dan memakai celemek
c)       PMR Madya  dapat trampil mencuci tangan dan memakai Celemek dan bagaimana meletakan celemek  baik didalam maupun diluar ruangan pasien..
d)       PMR Madya  dapat  menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis desinfektan / pensuci hama. Serta melakukanmensucihamakan peralatan PK
e)       PMR Madya dapat menjelaskan dan melakukan penataan Tempat Tidur Orang sakit.

2)       Pengamatan pada orang sakit :
a)       PMR Madya  dapat menjelaskan tentang  cara – cara mengukur suhu serta dapat melakukannya.
b)       PMR Madya menjelaskan dan  trampil membuat buku Catatan Harian  penderita /pasien



3)       Pelaksanaan merawat orang sakit :
a)       PMR Madya dapat memelihara dan membersihkan Gigi palsu pasien.
b)       PMR Madya dapat menjelaskan tujuan memberikan kompres , serta  dapat melakukan memberikan bermacam-macam Kompres.
c)       PMR Madya dapat menyiapkan menyajikan makan untuk orang sakit
d)       PMR Madya dapat mengenal  macam etiket Obat dan macam-macam Obat sederhana, serta dapat membantu memberikan obat kepada sisakit.
e)       PMR Madya  dapat menjelaskan tujuan menyeka / memandikan orang sakit diatas tempat tidur dan persiapan pelaksanaannya
f)        PMR Madya dapat memahami cara mencuci rambut Pasien diatas tempat tidur.
g)       PMR Madya trampil merubah posisi ( mobilisasi ) , dapat menjelaskan terjadinya  lecet ( dekubitis ) dan memberi kenyamanan pada pasien .
h)       PMR Madya dapat mempersiapkan alat-alat untuk BAB dan BAK  serta dapat memasang pasu najis , labu kemih dengan benar.

W a k t u :
8 x 45  menit
2 x 45  menit  Evaluasi Praktek dan tertulis secara keselurhan


Media   :
1.       Flipchart
2.       Slide
3.       OHP / LCD
4.       Whiteboard
5.       Spidol
6.       Brosur / Poster  terkait
7.       Alat peraga  PK


Metode :

  1. Ceramah.
  2. Tanya jawab.
  3. Praktek / simulasi.
  4. Kunjungan ke Posyandu

Referensi   :

  1. Buku Pedoman Perawatan  PMI
  2. Referensi lain yang terkait.


Proses Pelaksanaan ( PBM )   :
  1. Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
  2. Siswa  dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
  3. Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
  4. Pelatih mengenalkan dan menyebutkan peralatan  Perawatan Keluarga (sesuai dengan materi yang akan diajarkan) sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan kembali.
  5. Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
  6. Pelatih mengajak praktek / simulasi peserta didik, tentang merawat orang sakit   sesuai dengan materi yang diajarkan..
  7. Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar