MODUL
PERAWATAN KELUARGA UNTUK PMR MADYA
TOPIK. I
Dasar
– dasar Perawatan Keluarga.
Sub topik.
1.
Penjelasan Tentang Perawatan
Keluarga. ( PK )
2.
Perlunya
melakukan PK.
3.
Sikap
, perilaku dan prinsip kerja pelaku PK
4.
Peralatan
yang diperlukan untuk melakukan PK.
5.
Kegunaan
masing – masing peralatan PK.
Tujuan pembelajaran. :
- PMR Madya dapat mengetahui pengertian dari Perawatan Keluarga.(PK)
- PMR Madya dapat memahami dasar-dasar dalam melakukan PK
- PMR Madya dapat Menjelaskan sikap dan perilaku seorang pelaku PK.
- PMR Madya dapat menyebutkan , memahami serta dapat menggunakan beberapa macam peralatan PK yang diperlukan untuk melakukan Perawatan Keluarga.
W a k t u :
2 x 45 menit
Media :
1.
Flipchart
2.
Slide
3.
OHP
/ LCD
4.
Spidol
5.
Alat
peraga Perawatan Keluarga.
Metode :
- Ceramah.
- Tanya jawab.
- Praktek / simulasi.
Referensi :
- Buku Pedoman Perawatan PMI
- Referensi lain yang terkait.
Proses Pelaksanaan ( PBM ) :
- Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
- Siswa dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
- Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
- Pelatih mengenalkan dan menyebutkan alat-alat PK sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan alat-alat PK.
- Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
- Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan.
TOPIK. II
Kesehatan Dasar di Keluarga.
Sub topik.
Penjelasan Dasar - Dasar Kesehatan di Keluarga tentang :
1.
Kebersihan
diri.
2.
Kebersihan
Lingkungan.
3.
Penyediaan
air bersih, mandi , cuci dan kakus ( MCK
)
4.
Air
Limbah
5.
PSN
6.
Makanan
sehat dan seimbang
7.
Gizi
dan ASI
8.
Imunisasi.
Tujuan pembelajaran. :
1. PMR Madya dapat
mengetahui dan memahami pentingnya menjaga Kebersihan dan kesehatan diri.
2. PMR Madya dapat Menjelaskan tentang kebersihan lingkungan.
3. PMR Madya dapat menjelaskan tentang penyediaan air
bersih , mandi , cuci dan kakus ( MCK ), serta sumbernya.dan akibat dari air limbah.
4. Memahami macam
Immunisasi dan jadwal pemberiannya.
5. PMR Madya dapat menjelaskan dan melaksanakan Gerakan
Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) dan akibat yang disebabkan apabila tidak
melakukan PSN.
6. PMR Madya dapat mengetahui dan menjelaskan tentang jenis / paduan makanan sehat dan seimbang
bagi tubuh manusia
7. PMR Madya mengetahui
dan menjelaskan pentingnya memperhatikan makanan yang bergizi untuk kesehatan
tubuh dan ASI bagi tumbuh kembang seorang bayi.
8. PMR Madya dapat mengetahui dan memahami tentang
pemberian Imunisasi dan akibat penyakit yang timbul apabila tidak diimunisai.
W a k t u :
2 x 45 menit
Media :
1.
Flipchart
2.
Slide
3.
OHP
/ LCD
4.
Whuteboard
5.
Spidol
6.
Brosur
/ Poster terkait
Metode :
- Ceramah.
- Tanya jawab.
- Praktek / simulasi.
- Kunjungan ke Posyandu
Referensi :
- Buku Pedoman Perawatan PMI
- Referensi lain yang terkait.
Proses Pelaksanaan ( PBM ) :
- Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
- Siswa dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
- Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
- Pelatih mengenalkan dan menyebutkan sarana kesehatan di keluarga sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan kembali.
- Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
- Pelatih mengajak praktek / simulasi peserta didik ke Posyandu dan bersama-sama melakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. dengan “ 3 M “
- Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan
MODUL
PERAWATAN KELUARGA UNTUK PMR MADYA
TOPIK. III
Gejala
Penyakit.
Sub topik.
- Gejala Diare
- Diare dan Dehidrasi
- Demam
- ISPA , Pnemonia , TB
- Malaria dan PSN
- DBD ( Demam Berdarah Dengue )
- Gizi buruk , GAKI , KVA
- Rabies
- Immunisasi
Tujuan pembelajaran. :
- PMR Madya dapat memahami dan menandai beberapa gejala penyakit Diare, Demam dan DBD secara sederhana dan penyebabnya .
- PMR Madya dapat mengenal dan menandai beberapa gejala penyakit ISPA dan TB
- PMR Madya dapat melakukan menolong memberi kompres sesuai kebutuhan.
- PMR Madya dapat melakukan pencegahan dini terhadap DBD seperti Gerakan PSN / “3M “
- PMR Madya dapat menjelaskan jenis / paduan makanan sehat dan seimbang bagi tubuh manusia.
- PMR Madya dapat memahami tentang Gizi buruk serta dapat menjelaskan pentingnya memperhatikan makanan bergizi umtuk kesehatan tubuh dan ASI bagi tumbuh kembang seorang bayi.
- PMR Madya dapat memahami tentang penyakit anjing Gila dan pertolongannya.
- PMR Madya dapat mengetahui dan memahami tentang pemberian Immunisasi dan jadwal pemberiannya serta akibat penyakit yang ditimbulkan .
- Melakukan pencehagan dan pertolongan serta malakukan deteksi dini .
W a k t u :
2 x 45 menit
Media :
- Flipchart
- Slide
- OHP / LCD
- Spidol
- Alat peraga Perawatan Keluarga.
Metode :
- Ceramah.
- Tanya jawab.
- Praktek / simulasi.
Referensi :
- Buku Pedoman Perawatan PMI
- Referensi lain yang terkait.
Proses Pelaksanaan ( PBM ) :
- Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
- Siswa dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
- Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
- Pelatih menjelaskan tanda dan gejala Penyakit dan deteksi dini penyakit .
- Pelatih mengenalkan dan menyebutkan alat-alat Kompres sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkannya.
- Pelatih mengajak peserta didik praktek lapangan dengan melakukan Gerakan PSN / 3 M
- Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
- Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan.
TOPIK. IV
Perawatan Orang Sakit di rumah
Sub topik.
1.
Pelaksanaan
Persiapan Merawat Orang Sakit di rumah.
·
Memcuci
tangan dan memakai Celemek
·
Mengenal
jenis-jenis desinfektan / Pensucihama
·
Mensuci
hamakan alat-alat Perawatan Keluarga.
·
Penataan
Tempat Tidur Orang Sakit
2.
Pengamatan pada
Orang Sakit
·
Mengukur
suhu tubuh , menghitung nadi dan pernafasan .
·
Membuat buku daftar catatan harian penderita / pasien.
3.
Pelaksanaan
Merawatan Orang sakit :
·
Menolong
Penderita menyikat Gigi dan memelihara Gigi palsu
·
Memberikan macam-macam kompres.
·
Menyajikan Makanan pada orang sakit
·
Mengenal macam – macam
Obat sederhana
·
Menyeka
/ memandikan orang sakit diatas tempat tidur
·
Mencuci rambut Penderita diatas tempat tidur.
·
Mencegah Lecet ,
mengubah posisi ( Mobilisasi ) dan memberi perasaan nyaman pada penderita.
·
Menolong
BAB / BAK penderita diatas tempat tidur
Tujuan pembelajaran. :
1)
Pelaksanaan
Persiapan Merawat Orasng Sakit di rumah
:
a) PMR Madya dapat menjelaskan tujuan
mencuci tangan dan memakai
celemek didalam merawat Orang sakit
b) PMR Madya dapat
menjelaskan peralatan yang diperlukan untuk mencuci tangan dan memakai celemek
c) PMR Madya dapat trampil mencuci tangan dan memakai
Celemek dan bagaimana meletakan celemek
baik didalam maupun diluar ruangan pasien..
d) PMR Madya dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis
desinfektan / pensuci hama. Serta melakukanmensucihamakan peralatan PK
e) PMR Madya dapat
menjelaskan dan melakukan penataan Tempat Tidur Orang sakit.
2)
Pengamatan pada
orang sakit :
a) PMR
Madya dapat menjelaskan tentang cara – cara mengukur suhu serta dapat melakukannya.
b)
PMR
Madya menjelaskan dan trampil membuat
buku Catatan Harian penderita /pasien
3)
Pelaksanaan
merawat orang sakit :
a)
PMR
Madya dapat memelihara dan membersihkan Gigi palsu pasien.
b)
PMR
Madya dapat menjelaskan tujuan memberikan kompres , serta dapat melakukan memberikan bermacam-macam
Kompres.
c)
PMR
Madya dapat menyiapkan menyajikan makan untuk orang sakit
d)
PMR
Madya dapat mengenal macam etiket Obat
dan macam-macam Obat sederhana, serta dapat membantu memberikan obat kepada
sisakit.
e)
PMR
Madya dapat menjelaskan tujuan menyeka /
memandikan orang sakit diatas tempat tidur dan persiapan pelaksanaannya
f)
PMR Madya dapat memahami cara mencuci rambut Pasien
diatas tempat tidur.
g) PMR
Madya trampil merubah posisi ( mobilisasi ) , dapat menjelaskan terjadinya lecet ( dekubitis ) dan memberi kenyamanan
pada pasien .
h)
PMR
Madya dapat mempersiapkan alat-alat untuk BAB dan BAK serta dapat memasang pasu najis , labu kemih
dengan benar.
W a k t u :
8 x 45 menit
2
x 45 menit Evaluasi Praktek dan tertulis secara
keselurhan
Media :
1.
Flipchart
2.
Slide
3.
OHP
/ LCD
4.
Whiteboard
5.
Spidol
6.
Brosur
/ Poster terkait
7.
Alat
peraga PK
Metode :
- Ceramah.
- Tanya jawab.
- Praktek / simulasi.
- Kunjungan ke Posyandu
Referensi :
- Buku Pedoman Perawatan PMI
- Referensi lain yang terkait.
Proses Pelaksanaan ( PBM ) :
- Pelatih melaksanakan pretest kepada peserta didik utuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.
- Siswa dan tata ruang diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan juga agar tidak menimbulkan rasa jenuh.
- Pelatih menjelaskan tentang materi-materi yang akan diajarkan dan menciptakan komunikasi dua arah.
- Pelatih mengenalkan dan menyebutkan peralatan Perawatan Keluarga (sesuai dengan materi yang akan diajarkan) sekaligus dengan kegunaannya dengan jelas kemudian siswa diminta untuk mengulang menyebutkan kembali.
- Pelatih menyediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab.
- Pelatih mengajak praktek / simulasi peserta didik, tentang merawat orang sakit sesuai dengan materi yang diajarkan..
- Pelatih melakukan Postest untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelatihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar