Modul PMR
|
Bidang
Studi
|
:
|
Kepalang Merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang
Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Wira
(SMA/Sederajat)
|
Bahasan
|
|
Prinsip
Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
|
Sub Bahasan
|
:
|
1.Definisi
dan batasan norma-norma 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit
Merah International
2.Makna dan
kategori Prinsip
3.Hubungan
antara ketujuh prinsip
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Dapat menyebutkan dan menjelaskan pengertian Tujuh Prinsip Dasar Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International dalam bahasanya sendiri.
2.
Dapat menjelaskan pengertian setiap prinsip dan memberikan contoh-contoh
aplikasi nyata Tujuh Prinsip Dasar.
B.
Media
1.
Kertas flipchart dan spidol
2.
Poster
3.
Contoh kasus (contoh : ”Panic attack”.)
4.
Film (Helpman of the Red Cross and
Red Crescent)
C. Metode
1.
Ceramah
2.
Pemutaran
Film
3.
Studi kasus
7 Prinsip Dasar
D. Proses
Pembelajaran
Pelatih membuka proses
pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan.
2.
Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk
mengetahui kemampuan awal peserta didik
jika diperlukan. Misalnya apakah peserta ajar sudah mengetahui mengenai
Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Kemudian pelatih menyampaikan
materi dengan metode yang sesuai.
1.
Menggunakan poster
a.
Melalui metode cerita pelatih menyampaikan materi 7 (tujuh) Prinsip Dasar
Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional meliputi penyebutan,
arti, dan makna.
b.
Pelatih poster/gambar yang mengilustrasikan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
c.
Pelatih meminta kepada peserta :
·
Menyebutkan kembali 7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu.
·
Menyebutkan kembali arti dari 7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu
b.
Pelatih memberikan penjelasan kembali mengenai perlunya mengetahui 7
(tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
5.
Menggunakan Film
a.
Pelatih memutar film sesuai topik.
b.
Pelatih meminta peserta untuk memperhatikan dengan seksama.
c.
Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali isi dari film
tersebut secara singkat sesuai yang mereka tangkap.
d.
Pelatih menjelaskan secara sederhana makna yang dapat diambil dari film
tersebut.
Catatan :
1.
Proses pembelajaran di atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital Projector, VCD Player, dan
poster.
2.
Jika pelatih tidak mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan
media poster dibantu dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart, whiteboard, papan tulis, atau
yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
B.
Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta
diminta kembali menyebutkan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah secara benar sesuai urutan.
2. Peserta
diminta kembali menyebutkan arti dari ke 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah.
F. Pustaka
1.
Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua), Bab I halaman 15
s.d. 23 tentang Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit
Merah Internasional, PMI.
2.
Prinsip-Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Terjemahan),
ICRC, Jakarta, 2005.
3.
Contoh-contoh studi kasus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar