Modul PMR
|
Bidang Studi
|
:
|
Kepalangmerahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Madya (SMP)
|
Bahasan
|
Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional
|
|
Sub Bahasan
|
:
|
1.
Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional
2.
Komponen Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional serta fungsi dan kegiatannya
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Mengetahui sejarah terbentuknya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional
2.
Mampu menyebutkan riwayat pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC)
3.
Mampu Menyebutkan riwayat pendiri Federasi Internasional Perhimpunan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)
4.
Mengetahui dan mampu menyebutkan Komponen Gerakan dan ruang lingkup
kerjanya.
B.
Media:
1.
Film (The Story of an idea)
2.
Poster
(Lambang Palang Merah dan Sejarah)
3.
Transparansi OHP
C.
Metode:
1.
Cerita
2.
Tanya jawab
3.
Pemutaran film
B.
Proses Pembelajaran:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2.
Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk
mengetahui kemampuan awal peserta didik
jika diperlukan
Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang
sesuai.
1.
Pelatih menyampaikan materi mengenai ”Sejarah lahirnya Gerakan Palang Merah
dan Bulan sabit Merah Internasional, diantaranya :
a.
Pertempuran Solferino
b.
Henry Dunant
c.
Buku Kenangan dari Solferino (gagasan Henry Dunant)
·
Komite Internasional untuk pertolongan bagi yang terluka
·
Konferesi internasional
d.
Komite Lima
e.
Pelatih bertanya kepada 2 s.d. 3 peserta mengenai :
·
Siapa tokoh pendiri organisasi Palang Merah
·
Mengapa Henry Dunant mendirikan organisasi Palang Merah.
3.
Pelatih memutar film ”The Story of an
Idea” .
4.
Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali secara singkat
isi film tersebut.
a.
Pelatih memutar film yang sesuai
dengan topik.
b.
Peserta diminta untuk menonton film secara seksama
c.
Peserta diminta untuk menceritakan kembali secara singkat isi film tersebut
sesuai dengan yang mereka tangkap.
5.
Pelatih memberikan penjelasan mengenai ”Gerakan Palang Merah dan Bulan
Sabit Merah Internasional’, diantaranya :
a.
Definisi Gerakan
b.
Komponen Gerakan
·
Komite Internasional Palang Merah (KIPM)
·
Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia.
·
Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
6.
Pelatih memberikan penjelasan mengenai ”Konferensi Internasional Palang
Merah” dan Badan-Badan dalam Gerakan, diantaranya :
a.
Konferensi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
b.
Peran Konferensi Interansional
c.
Badan-badan dalam Gerakan
·
Komisi Tetap
·
Dewan Delegasi
7.
Pelatih memberikan intisari dari penjelasan yang telah disampaikan sebagai
penutup.
8.
Tanya Jawa / pelatih
Catatan :
1.
Proses pembelajaran di atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital Projector, VCD Player, dan
poster.
2.
Jika pelatih tidak mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan
media poster dibantu dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart, whiteboard, papan tulis, atau
yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
E. Evaluasi dan Pembahasan
1.
Peserta diminta menceritakan
kembali mengenai sejarah terbentuknya organisasi palang merah.
2.
Mampu menyebutkan riwayat pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC)
3.
Mampu Menyebutkan riwayat pendiri Federasi Internasional Perhimpunan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)
4.
Mengetahui dan mampu menyebutkan Komponen Gerakan dan ruang lingkup
kerjanya
F.
Pustaka
1.
Buku Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua) Bab I halaman
3 s.d. 11 tentang Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Bab
VI halaman 78 s.d. 88 tentang Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Bab VII halaman 93 s.d. 101 tentang Federasi
Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
2.
-----
G.
Rangkuman Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar