Modul PMR
|
Bidang
Studi
|
:
|
Kepalang Merahan
|
Jenjang
|
:
|
Palang
Merah Remaja (PMR)
|
Tingkat
|
:
|
Madya
(SMP)
|
Bahasan
|
|
Prinsip Dasar Gerakan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
|
Sub Bahasan
|
:
|
1.
Tujuh Prinsip Dasar
2.
Pengertian Tujuh Prinsip Dasar
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
a. Dapat menyebutkan tujuh Prinsip Dasar Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International,
b. Dapat menjelaskan pengertian Tujuh Prinsip Dasar
c. Dapat menyebutkan contoh-contoh aplikasi Tujuh
Prinsip Dasar.
B. Media
a. Kertas flipchart dan spidol
b. Gambar (poster),
- Contoh kasus (contoh : "Panic attack".)
a. Film (Helpman
of the Red Cross and Red Crescent)
D. Metode
a.
Ceramah
b.
Pemutaran Film
c.
Studi kasus 7 Prinsip Dasar
d.
Pementasan drama yang berisi
pesan pengamalan 7 Prinsip Dasar Gerakan.
E. Proses Pembelajaran
Pelatih membuka proses
pembelajaran dengan :
1.
Memberikan pengantar mengenai
materi yang akan disampaikan, diantaranya memperkenalkan Prinsip-prinsip Dasar
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan menyebutkan prinsip-prinsip
tersebut satu persatu untuk dihapalkan peserta ajar.
2.
Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk mengetahui kemampuan
awal peserta didik jika diperlukan. Misalnya
apakah peserta ajar sudah mengetahui mengenai Prinsip-prinsip Dasar Gerakan
Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Pelatih menyampaikan materi
dengan metode yang sesuai.
1. Pelatih menyampaikan materi :
a.
Melalui metode cerita pelatih
menyampaikan materi 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan
Sabit Merah Internasional meliputi penyebutan, arti, dan makna.
b.
Pelatih menunjukkan poster/gambar
yang mengilustrasikan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan
Sabit Merah Internasional.
c.
Pelatih meminta kepada peserta
:
·
Menyebutkan kembali 7 (tujuh)
prinsip dasar gerakan satu persatu.
·
Menyebutkan kembali arti dari
7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu
b.
Pelatih memberikan penjelasan
kembali mengenai perlunya mengetahui 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
2.
Pelatih mememutar film ”Helpman” dan meminta peserta untuk
memperhatikan dengan seksama.
3.
Pelatih meminta kepada peserta
untuk menceritakan kembali isi dari film tersebut secara singkat sesuai yang
mereka tangkap.
4.
Pelatih menjelaskan secara
sederhana makna yang dapat diambil dari film tersebut.
5.
Pelatih mengajak peserta untuk
melakukan permainan, pelatih bisa memilih antara :
a.
Bermain peran
b.
Bermain cocok.
6. Sebagai penutup pelatih memberikan penjelasan
betapa pentingnya kita sebagai anggota PMR untuk mengerti dan dapat
melaksanakan Prinsip-prinsip Gerakan dalam kehidupan sehari-hari.
Catatan :
1.
Proses pembelajaran di atas
menggunakan bantuan media OHP atau Digital
Projector, VCD Player, dan poster.
2.
Jika pelatih tidak mempunyai
sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan media poster dibantu dengan
sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart,
whiteboard, papan tulis, atau yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
A. Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta diminta kembali
menyebutkan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
secara benar sesuai urutan.
2. Peserta diminta kembali
menyebutkan arti dari ke 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan
Sabit Merah.
F. Pustaka
1.
Panduan Diseminasi
Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua), Bab I halaman 15 s.d. 23 tentang
Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional,
PMI.
2.
Prinsip-Prinsip Dasar Palang
Merah dan Bulan Sabit Merah (Terjemahan), ICRC, Jakarta, 2005.
3.
Contoh-contoh studi kasus
G. Rangkuman Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar