ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN
2012/2013

Mata Pelajaran : B Indonesia Hari /Tanggal : Senin, 04 Maret 2013
Kelas : VIII(delapan) Jam : 07.30-09.00

NAMA :
........................................................ KELAS :
........................ NILAI :
..........
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a,b,c atau d pada salah satu jawaban yang paling
benar !
1.
TEKS 1
|
TEKS 2
|
Yogyakarta kembali diguyur hujan selama 6 jam yang
menyebabkan beberapa wilayah dilanda banjir. Banjir kali ini lebih parah
dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh debit air yang mencapai
ketinggian 50 cm, air keruh, berbau, dan menyebabkan gatal.
|
Jumat (3/12) sore, Kota Yogyakarta kembali diguyur
hujan deras. Di Jalan Kolombo genangan air setinggi lutut orang dewasa.
Beberapa kendaraan tampak macet karena kemasukan air.
|
Perbedaan cara penyajian kedua teks
berita tersebut adalah
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
siapa, kapan, apa
|
di mana, apa,
bagaimana
|
B
|
di mana, bagaimana, mengapa
|
kapan, di mana, bagaimana
|
C
|
bagaimana, apa, kapan
|
kapan,di mana, mengapa
|
D
|
di mana, apa, bagaimana
|
bagaimana,
apa, di mana
|
2.
”Jika aku dengar engkau berbicara tadi,
seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu,” kata Iesye,
’akan tetapi kemudian timbul keraguan lagi padaku, apakah itu semua tidak
permainan kata-kata saja bagimu. Lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba
telah jadi kaya raya begini. Rasanya seakan menjijikkan orang-orang muda ikut
memperkaya diri mereka sedang keadaan rakyat kita tersia-sia seperti sekarang
ini. Aku tidak tahu apa mesti kupikir tentang engkau, Yon?”
Suryono terdiam menatap malam di depan kaca
mobil, dan dalam pikirannya timbul pengakuan, “Engkau benar Ies, engkau tahu
aku. Aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun sudah kehilangan
pegangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.”
Senja
di Jakarta, Karya: Mochtar Lubis
Cara pelukisan watak cerita
dalam cuplikan novel tersebut adalah....
A. diceritakan langsung oleh
pengarang
B. lewat pikiran-pikiran tokoh
C. dialog antartokoh
D. tingkah laku tokoh
3.
Perahu para nelayan di Banaran, Galur, Kulonprogo hanya diparkir di
pantai. Hal itu terjadi karena saat ini ombak laut
mencapai 6 sampai 7 meter. Ombak besar menyurutkan mereka untuk melaut dan
lebih banyak melakukan kegiatan perbaikan alat.
|
Masa sulit ratusan nelayan Tambaklorok, Semarang
belum berlalu. Meski ketinggian gelombang pasang cenderung mengalami
penurunan, mereka belum berani memaksimalkan aktivitas di laut lepas. Mereka beranggapan gelombang laut masih membahayakan keselamatan jiwa.
|
Kesamaan
informasi kedua teks berita tersebut adalah ….
A. Perahu
nelayan banyak yang tidak dimanfaatkan.
B. Resiko
yang dihadapi oleh para nelayan di laut.
C. Aktivitas nelayan melaut terganggu gelombang
tinggi.
D Tingginya gelombang laut akibat nelayan tidak
melaut.
4.
Bangunlah Ibu Pertiwiku
Kami
saksikan suasana luka lara
menerpa Ibu Pertiwi
Kami tak habis pikir
Apa gerangan engkau bersedih
Mengapa keadaanmu begitu mengkhawatirkan
begitu mencemaskan
menerpa Ibu Pertiwi
Kami tak habis pikir
Apa gerangan engkau bersedih
Mengapa keadaanmu begitu mengkhawatirkan
begitu mencemaskan
Kami tahu
kami begitu durhaka
Tak pernah berbakti kepadamu
Kerusakan, perpecahan, pertikaian, banyak kami lakukan
Tak pernah berbakti kepadamu
Kerusakan, perpecahan, pertikaian, banyak kami lakukan
Dan
hanyalah maaf yang dapat kami pinta
Selagi engkau masih mau menerima
Di hati kami tak ada bisikan selain minta maaf,
dan menyaksikan engkau bangun
melawan keruntuhan itu
Selagi engkau masih mau menerima
Di hati kami tak ada bisikan selain minta maaf,
dan menyaksikan engkau bangun
melawan keruntuhan itu
Tema kutipan puisi
tersebut adalah ....
A. Manusia yang menyesali masa lalu
B. Kehidupan yang semakin menderita
C. Keresahan manusia terhadap alam
D. Harapan supaya Ibu Pertiwi bangkit
5.
...
Acara wisata berubah menjadi acara kelompok PMR
karena
kawan-kawanku berusaha menolong kakek yang tak berdaya itu. “Kita ini pergi
untuk wisata atau praktik PMR?”
“Ulil, teganya
mengatakan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.
“Farkhan, segera
hubungi petugas perkebunan. Beritahukan kejadian ini!” perintah Rendy kepada
Farkhan.
Tanpa menjawab perintah
Rendy, Farkhan langsung berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta bantuan
pertolongan. ...
Bukti watak tokoh
Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Mengajak Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
B. Memarahi Ulil yang tidak mau menolong kakek.
C. Meminta Farkhan segera memanggil kakek.reka
D.
Menyesali
karena kegiatan mereka terganggu.
6.
Cara
pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. melalui dialog antartokoh
B. sikap dan pembicaraan tokoh
C. diceritakan tokoh yang lain
D. pelukisan watak oleh pengarang
7.
...”Ika,
mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun
berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu
mau. Bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban
beratnya sudah hilang. ...
Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.
Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.
Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
C.
Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
D.
Jika kita menghadpi masalah, jangan mudah berputus asa.
8.
(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang
kantor guru. Nadin menghampiri gurunya. Ia masih penasaran dengan pelajaran
yang diterangkan kemarin)
Nadin : Bu, boleh bertanya,
materi kemarin yang
Ibu terangkan?
Ibu Yeyet :
Ya, silakan. Kamu mau tanya apa?
Nadin :
Bu, jadi, keindahan karya sastra itu dapat
kita
tentukan dari bahasanya?
Ibu Yeyet :
Nadin, sebenarnya masih ada lagi, yaitu
pesan yang disampaikan.
Nadin :
Apa itu, Bu?
Ibu Yeyet : Pesan yang dimaksud ialah nilai didik yang ingin
disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang yang baik harus berusaha menyampaikan
ajaran moral kepada pembacanya itu agar lebih arif.
Nadin :
Lalu bagaimana caranya?
Bu Yeyet :
Caranya, ya dilihat dari kandungan cerita
itu melalui pergolakan tokoh-tokohnya.
Nadin :
Ya, Bu. Saya jadi mengerti sekarang.
Terima
kasih, Bu.
Suasana pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. ramai
B. sedih
C. tegang
D. tenang
9.
Latar
waktu pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. pagi hari
B. malam hari
C. saat istirahat
D. pulang sekolah
10. Baca dan cermati kutipan novel berikut!
Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika
lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat
cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama
panjangnya dengan libur anak sekolah melebihi orang yang bekerja di kantor.
Kata-kata itu diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang
sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
Konflik yang terdapat dalam
kutipan novel tersebut adalah ….
A. konflik batin dalam
diri tokoh Aku
B. konflik antara anak
dengan orang tua
C. konflik antara tokoh Aku
dengan gurunya
D. konflik antara tokoh Aku
dengan sekretarisnya
Soal Uraian
1.
Jakarta identik dengan
kemacetan lalu lintas. Jika lalu lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
Menghabiskan waktu satu dua jam untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu
adalah tantangan yang sehari-hari dihadapi oleh warga Jakarta.
Kita harus mengurai sebab
kemacetan lalu lintas di Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan
tidak ada. Hanya kita belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya,
macet di Jakarta itu bukan hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor.
Tetapi juga karena tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan
masih ada banyak faktor yang tumpang tindih.
Rangkuman dari bacaan tersebut adalah ...
2.
OSIS SMP
Tunas mengadakan Lomba Marawis. Tujuannya ingin meningkatkan keimanan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
...
3.
Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura
sakit. Ketika ditanya oleh isterinya, ia tidak mau menjawab. Isterinya makin
ketakutan. Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah.
Lepas siang hari Pak Salim berkata, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan
sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan tidak adil mengapa orang
lain senang dan bahagia, saya tidak.” Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau
bekerja lain. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri,” jawab
isterinya.
Amanat yang terdapat pada cuplikan cerpen tersebut
adalah…
4.
Perhatikan ilustrasi
berikut!
Beberapa waktu yang lalu, di
Desa Pampang, Kecamatan Paliyan telah terjadi bencana alam berupa angin puting
beliung. Angin puting beliung tersebut memporakporandakan rumah-rumah penduduk
sehingga masyarakat mengalami banyak kerugian
Buatlah teks berita sesuai dengan ilustrasi tersebut !
5.
Saat ini
mutu menjadi standar keunggulan dan daya saing dalam kehidupan. Lembaga
pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar dalam menghasilkan manusia yang
bermutu. Mutu pendidikan dalam arti mikro adalah mutu hasil pembelajaran.
Pembelajaran yang bermutu merupakan indikator penting dalam keberhasilan
pendidikan.
Simpulan paragraf tersebut adalah …
========= SELAMAT MENGERJAKAN =========
Tidak ada komentar:
Posting Komentar