MTs NEGERI XXXX
ULANGAN
SEMESTER GASAL
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014

Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan Hari/tanggal :
Kelas/semester : VIII / I Waktu :
I. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat
dengan memberi tanda silang (X) !
1.
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1.
Landasan kehidupan bernegara.
2.
Sumber hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.
Aturan yang berisi perintah dan
larangan yang mengatur tingkah laku manusia.
4.
Kumpulan gagasan,ide,keyakinan yang
menyeluruh dan sistematis menyangkut kehidupan manusia
Pengertian
ideology ditunjukkan nomor ...
a.
1 c. 3
b.
2 d. 4
2.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
Membentuk identitas bangsa.
2.
Alat menarik kepercayaan bangsa lain.
3.
Sebagai alat pemersatu bangsa.
4.
Mendapatkan pengakuan dari negara
lain.
Dari pernyataan
di atas, pentingnya ideology bagi
suatu bangsa adalah….
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
2 dan 3 d. 2 dan 4
3.
Bpupki adalah badan bentukan jepang
pada tanggal 28 mei 1945 dengan tugasnya
adalah.
a.
Menyusun dasar negara.
b.
Membentuk panitia kecil
c.
Menyusun UUD 45.
d.
Menyusun piagam Jakarta
4.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
Membentuk MPR dan pembantu Presiden.
2.
Mengesahkan Pancasila sebagai dasar
Negara dan UUD 45 sebagai konstitusi.
3.
Memilih anggota DPR dan DPA
4.
Memilih Ir Soekarno dan Moch. Hatta
Sebagai Presiden dan Wakil Presiden
Hasil siding
PPKI tanggal 18-8-1945 adalah…
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
3 dan 4 d. 2 dan 4
5.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
Membentuk identitas bangsa.
2.
Dasar dalam penyelenggaraan Negara.
3.
mengatasi berbagai konflik.
4.
Dasar
dalam mengatur Negara.
Makna Pancasila
sebagai dasar Negara adalah.
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
3 dan 4 d. 2 dan 4
6.
Pancasila adalah dasar Negara RI yang
Rumusannya tersusun secara hierarkhis dan Sistematis .Rumusan Pancasila yang
sah dan Benar tercantum dalam …..
a.
Piagam Jakarta.
b.
Pembukaan UUD 45
c.
Usulan Moch.Yamin
d.
Usulan Ir.Soekarno
7.
Pancasila ditetapkan sebagai dasar
negara dan ideology bangsa memiliki
nilai-nilai dasar yaitu …
a.
Nilai ketuhanan,kemanusiaan,
kerohanian,persatuan dan keadilan.
b.
Nilai kerohanian,kebenaran,estetis,etis
dan religious.
c.
Nilai ketuhanan,kemanusiaan,persatuan, kerakyatan dan keadilan.
d.
Nilai subjektif dan objektif.
8.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
Mengakui persamaan derajat,hak dan
kewajiban antara sesama manusia.
2.
Bangga sebagai bangsa indonesia dan
bertanah air indonesia.
3.
Saling mencintai sesame manusia.
4.
Menjauhi pemerasan terhadap orang lain.
Yang termasuk
nilai-nilai sila ke 2 pancasila adalah ….
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
3 dan 4 d. 2 dan 4
9.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
Menghindari segala bentuk kekerasan
2.
Menghargai pendapat orang lain.
3.
Suka bekerja keras dan tidak boros.
4.
Tidak bergaya hidup mewah.
Dari pernyataan
di atas yang termasuk nilai sila ke 5 adalah …
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
3 dan 4 d. 2 dan 4
10. Pancasila
merupakan sumber normative dalam
pengembangan aspek sosial budaya yang
mendasarkan nilai kemanusiaan, keberadaban.hal
ini adalah penerapan nilai- nilai
pancasila dalam bidang…
a.
politik. c. hukum
b.
sosial budaya d. ekonomi
11. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1.
Setiap tindakan harus berpedoman pada nilai-nilai
pancasila untuk menjunjung harkat dan martabat manusia.
2.
Sebagai acuan dalam memecahkan perbedaan serta pertentangan politik antar golongan.
3.
Mengadakan demonstrasi jika ada
pejabat yang
melanggar konstitusi.
4.
Mengawasi penyelenggaraan negara apakah sesuai konstitusi.
Arti penting
sikap positif terhadap pancasila
ditunjukkan nomor ….
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
3 dan 4 d. 2 dan 4
12. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1.
Nilai-nilai pancasila bersifat
universal sehingga
tidak dapat diterima secara akal.
2.
Nilai-nilai pancasila telah dimiliki
bangsa indonesia sebelum adanya proklamasi.
3.
Melemahnya kepercayaan terhadap pancasila
dapat mengancam persatuan dan
kesatuan.
4.
Menerima iseologi lain karena dianggap
lebih baik.
5.
Adanya ideology lain yang mengancam kelangsungan hidup pancasila.
Dari pernyataan
di atas ,alasan untuk mempertahankan ideologi pancasila adalah..
a.
1,2,3
c. 2,3,4.
b.
2,3,4. d. 3,4,5.
13. Mempertahankan
pancasila sebagai ideology dilakukan
dengan cara…
a.
Menerima,mempelajari,menerapkan, mempertahankan pancasila.
b.
Menerima,mempelajari,mempertahankan,mengadopsi
ideology lain.
c.
Menerima,mempelajari,menghafal, mengamati ideology lain.
d.
Mengamati,menghafal,mengawasi ideo logi pancasila.
14. Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1.
Menghormati hak siswa lain.
2.
Menjaga nama baik dan kehormatan
keluarga
3.
Mengakui persamaan derajat, hak dan
kewajiban antar siswa
4.
Mengembangkan hidup sederhana di dalam
masyarakat
5.
Mematuhi peraturan sekolah
Sikap positif
terhadap pancasila dalam kehidupan
di lingkungan sekolah adalah…
a.
1,2,3 c. 1,3,5
b.
3,4,5. d. 2,4,5.
15. Istilah
konstitusi lebih tepat diartikan dengan
a.
Hukum dasar.
b.
Hukum dasar tidak tertulis
c.
Hukum dasar tertulis.
d.
UUD.
16. Dalam
istilah sehari-hari konstitusi sering Disamakan dengan…
a.
Undang-Undang. c.
norma
b.
UUD. d. hokum
17. Kebiasaan
–kebiasaan yang timbul dalam praktek penyelenggaraan negara sering disebut
dengan ….
a.
yurisprudensi. c. hukum dasar
tertulis
b.
adat. d. konvensi.
18.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
1.
UUD 45. 4. UU Federal
2.
KRIS 5. UU
3.
UUDS 6. UUD hasil amandemen
Dari pernyataan
di atas, konstitusi yg pernah berlaku
di indonesia adalah...
a.
1,2,3,4 c. 3,4,5,6
b.
2,3,4,5 d. 1,2,3,6
19. Indonesia
pernah menggunakan konstitusi RIS pada
periode …
a.
17-8-1945 s/d 27-12-1949
b.
27-12-1949 s/d 17-8-1950
c.
17-8-1950 s/d 5-7-1959
d.
5-7-1959 s/d 11-10-1999
20. Menurut
UUD 45 bentuk pemerintahan Indonesia
adalah…
a.
kesatuan c. republic
b.
federal d. aristrokasi
21. Menurut
UUD 45 sistem pemerintahan Indonesia adalah…
a.
parlementer c. federative
b.
presidensil d. aristrokasi
22. Perhatikan
pernyataan berikut ini
1.
bentuk negara serikat
2.
bentuk negara kesatuan
3.
sistem pemerintahan presidensil
4.
sistem pemerintahan parlementer
Bentuk ketata negaraan
menurut KRIS Adalah…
a.
1,2,3 c. 1,4,6
b.
4,5,6 d. 2,3,5
23. perhatikan
pernyataan berikut
1.
bentuk Negara serikat
2.
bentuk negara kesatuan
3.
sistem pemerintahan presidensil
4.
sistem pemerintahan parlementer
5.
menteri – menteri bertanggung jawab kepada presiden
6.
menteri – menteri bertanggung jawab kepada
parlementer
sistem
ketatanegaraan menurut UUD 45 Adalah…
a.
1,2,3 c. 3,4,5
b.
2,3,5 d. 4,5,6
24. UUDS
bersifat sementara karena akan dibuat UUD RI yang baru .Lembaga yang bertugas membuat UUD baru adalah…
a.
MPRS. C. KNIP.
b.
DPAS. d. Konstituante
25. UUD
45 sebelum amandemen memberikan kekuasaan yang besar pada presiden yang meliputi kekuasaan eksekutif dan
kekuasaan legislatif,khususnya dalam hal …
a.
mengelola APBN
b.
melaksanakan pembangunan.
c.
memberikan grasi.
d.
membentuk Undang-undang.
26. Tujuan
amandemen adalah menyempurnakan aturan dasar mengenai jaminan
dan pelaksanaan kedaulatan rakyat serta
memperluas partisipasi rakyat agar sesuai dengan..
a.
pendapat para ahli.
b.
perkembangan paham demokrasi.
c.
cita-cita pendiri negara.
d.
kondisi negara maju.
27. Amandemen UUD 45 dilakukan karena beberapa
pasal dalam uud 45 masih..
a.
dapat ditafsirkan beberapa makna dalam penafsiran.
b.
dapat ditafsirkan menjadi satu
penafsiran yang kabur.
c.
diperlukan untuk memberikan peluang
pemerintahan otoriter.
d.
diragukan akan kemampuan UUD dalam
menampung aspirasi.
28. Hasil
perubahan dalam UUD 45 di bidang kehakiman
ditandai dengan pembentukan lembaga baru yaitu …
a.
Kejaksaan dan Makhkamah Agung.
b.
KPK dan KPU
c.
Komisi Yudisial dan Makhkamah
Konstitusi.
d.
DPD dan DPRD.
29. Bukti
penyimpangan terhadap UUD 45 pada Periode
1945-1949 adalah …
a.
pemberlakuan UUDS.
b.
berlakunya sistem pemerintahan
parlementer.
c.
pembubaran konstituante.
d.
pengangkatan presiden seumur hidup.
30. Bukti
penyimpangan UUD 45 masa orde Baru adalah…
a.
MPR berkehendak akan mengubah UUD
b.
MPR mengeluarkan tap MPR tentang
pemilu.
c.
MPR mengangkat presiden seumur hidup.
d.
MPR berketetapan tidak akan mengubah UUD
45.
31. Terjadinya
penyimpangan UUD 45 Mendesak Indonesia untuk mengubah UUD, tujuan perubahan itu adalah …
a.
menyempurnakan aturan dasar.
b.
mengubah secara keseluruhan aturan
dasar.
c.
menyangkut presiden seumur hidup.
d.
menggunakan sistem pemerintahan
presidensiil.
32. Dibawah
ini tata urutan peraturan
Perundang-undangan secara benar yaitu…
a.
UUD 45,UU/Perpu,Peraturan Presiden,
Peraturan Pemerintah, Peraturan daerah.
b.
UUD 45,UU/Perpu,Peraturan
Pemerintah,Peraturan Presiden,Peraturan Daerah.
c.
UUD 45,Peraturan Pemerintah,UU/Perpu, Peraturan Presiden,Peraturan daerah.
d.
UUD 45,Peraturan Presiden,Peraturan
Pemerintah,UU/Perpu,Peraturan Daerah.
33. Menurut
UUD 45 pasal 20 ayat I yang Memiliki
kekuasaan membentuk Undang- Undang
adalah …
a.
Presiden c. DPR
b.
MPR d. DPR dan MPR
34. Perpu
dibuat dalam keadaan mendesak karena permasalahan yang muncul harus segera
ditindak lanjuti.lembaga yang berhak membentuk
perpu adalah…..
a.
Presiden. c. MPR.
b.
DPR. d . DPD
35. Peraturan
pemerintah dibuat oleh pemerintah untuk melaksanakan …
a.
UUD 45 c. Ketetapan MPR
b.
Peraturan Presiden. d. UU
36. Peraturan
daerah dibuat oleh pemerintah daerah untuk melaksanakan peraturan yang lebih tinggi.Materi
peraturan daerah adalah
a.
kebijakan pemerintahan pusat.
b.
otonomi daerah dan tugas perbantuan.
c.
UU
d.
peraturan daerah.
37. Definisi
korupsi yang dipahami umum adalah setiap perbuatan merugikan keuangan negara/institusi baik secara
langsung ataupun tidak langsung
sekaligus..
a.
merugikan tetangga.
b.
memperkaya diri sendiri.
c.
melemahkan perekonomian nasional.
d.
menghambat keuangan negara.
38. Sikap/perilaku
tidak mendukung atau tidak menyetujui berbagai upaya yang dilakukan oleh seseorang atau korporasi untuk merugikan
keuangan negara yang dapat menghambat pembangunan nasional adalah..
a.
korupsi c. anti kolusi.
b.
persekongkolan d. anti korupsi.
39. Lembaga
yang dibentuk pemerintah memberantas korupsi adalah..
a.
KPK. C. DPR
b.
KPU. D. KY
40. Akibat
perilaku korupsi adalah …
a.
kurangnya keimanan.
b.
rendahnya moral.
c.
menimbulkan ketidak adilan .
d.
kurangnya pengawasan .
II.
Jawablah
pertanyaan berikut ini !
41.
Jelaskan makna Pancasila berkedudukan
Sebagai dasar Negara Kesatuan RI!
42. Mengapa
semua warga Negara mempunyai Kewajiban mempelajari Pancasila ?
43. Sebutkan
2 bentuk penyimpangan terhadap UUD 45 pada masa orde lama!
44. Jelaskan
3 latar belakang Indonesia Melakukan perubahan terhadap UUD 45!
45.
Sebutkan sebab –sebab terjadinya
tindakan korupsi !
-------------------Selamat
mengerjakan-------------
Kunci
jawaban mata Pelajara PKN
Kelas
VIII
1.
D
2.
C
3.
A
4.
D
5.
D
6.
B
7.
C
8.
C
9.
B
10.
B
11.
A
12.
C
13.
A
14.
C
15.
A
16.
B
17.
D
18.
D
19.
B
20.
A
21.
A
22.
C
23.
B
24.
D
25.
D
26.
C
27.
A
28.
C
29.
B
30.
D
31.
A
32.
B
33.
C
34.
A.
35.
D
36.
B
37.
C
38.
D
39.
A
40.
C
Essay
!
41.
Makna Pancasila
sebagai dasar Negara adalah :
a.
dasar dalam
penyelenggaraan Negara.
b.
dasar dalam
pengaturan dan sistem pemerintahan Negara.
c.
sumber hukum dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
42.
Semua warga Negara
mempunyai kewajiban mempelajari Pancasila karena apabila Pancasila tidak dipelajari maka
bangsa Indonesia tidak akan mampu memahami
makna Pancasila secara benar sehingga akhirnya tidak mampu
mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara .
43.
Bentuk-bentuk
penyimpangan Pancasila pada masa orde lama adalah :
1.
Presiden mengeluarkan
produk peraturan dalam bentuk penetapan presiden.
2.
Pimpinan lembaga –
lembaga Negara diberi kedudukan sebagai menteri-menteri Negara yang
menempatkannya sejajar dengan pembantu presiden.
3.
Mengangkat Ir.
Soekarno sebagai presiden seumur hidup. (kebijakan guru).
44.
Latar belakang
mengadakan perubahan UUD 45 adalah :
1.
UUD 45 memberikan
kekuasaan yang sangat besar pada presiden yaitu kekuasaan eksekutif dan legislatif.
2.
Pasal-pasal UUD 45
terlalu luwes sehingga dapat menimbulkan lebih dari satu tafsir (multitafsir).
3.
Kedudukan penjelasan
UUD 45 sering diperlakukan dan mempunyai
kekuatan hukum yang sama dengan pasal-pasal UUD 45.
45.
Sebab –sebab
terjadinya tindakan korupsi adalah !
1.
kurangnya keimanan
dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.
2.
rendahnya moral bangsa Indonesia.
3.
Kurangnya pengawasan
dari pejabat yang berwenang.
4.
Adanya kekuasaan atau
kewenangan untuk memungkinkan melakukan korupsi.
Skor penilaian
:
Skor PG
= 40 X
1 = 40
Essay =
5 X 2
= 10 +
50
Nilai =
50 : 5
= 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar